Di Balik Estetika Bentuk Toilet Aneh dan Unik

Lihatkah gambar toilet / WC di bawah ini, sangat unik dan menarik. Beberapa desain toilet lainnya bahkan ada yang terkesan aneh. Semuanya memiliki nilai estetika yang menakjubkan. More »

Tips Cara Menjaga Kebersihan Toilet atau WC

Toilet / WC merupakan tempat bersarangnya kuman dan penyakit bila kita tidak dapat menjaga kebersihan toilet / WC. Untuk itu perlu bagi kita memperhatikan dan mengutamakan kebersihan toilet / WC More »

Tips Cara membersihkan Toilet Atau WC

Jika anda memiliki persoalan seperti ini, kesulitan dalam membersihkan noda – noda maupun bau tak sedap di dalam toilet rumah, silahkan simak tips berikut More »

Tips Cara Mengatasi Air Sumur Yang Bermasalah Menjadi Air Bersih dan Sehat

Ada beberapa hal untuk mengatasi dan menyiasati masalah air sumur yang bermasalah seperti air keruh, bau, kuning, bergambut maupun asin di tempat tinggal anda menjadi air yang bersih dan sehat More »

Estetika dari Bentuk Tisu Toilet Yang Unik dan Aneh

Akibat dari persaingan yang ketat akan barang – barang kebutuhan telah melahirkan suatu kreatifitas tanpa batas dari para produsen tak terkecuali dengan produsen tisu toilet / WC yang memproduksi tisu toilet yang unik dan aneh More »

Polemik Banjir di Wilayah Jakarta Ibukota Negara Indonesia

Bencana banjir telah menjadi polemik yang berkepanjangan bagi kita, mengingat Jakarta adalah Ibukota negara Indonesia More »

Manfaat Adanya Jasa Sedot WC bagi Lingkungan Kita

Apakah anda tahu, saat ini layanan jasa semacam jasa sedot WC memiliki manfaat yang begitu penting bagi lingkungan anda khususnya anda yang bermukim di wilayah padat penduduk. Lebih detail simak laporan berikut More »

Karya Seni Unik dari Gulungan Tisu Toilet

Ditangan orang – orang kreatif, gulungan tisu toilet yang tidak terpakai bisa menjadi sebuah karya seni unik yang berdaya guna dan bernilai tinggi More »

Dampak Pencemaran Air Bersih dari Limbah Domestik dan Industri

Beberapa dampak pencemaran air bersih akibat dari pembuangan limbah domestik dan industri yang salah dapat anda simak dalam posting berikut More »

 

Masalah Sanitasi dan Kebutuhan Air Bersih | Jasa Sedot WC

Air merupakan kebutuhan mendasar dari semua orang dan ini pernah di ulas pula dalam posting Manfaat dan Pentingnya Air Putih bagi Tubuh Kita, namun sampai saat ini air bersih masih menjadi polemik yang tak terpecahkan sebab kebutuhan akan air bersih yang tinggi tak sebanding dengan persediaan air bersih yang layak konsumsi.
Masalah Sanitasi dan Kebutuhan Air Bersih

Masalah yang timbul dari buruknya sanitasi dan kurangnya suplai air bersih

Sangat banyak wilayah dan sumber air yang seharusnya dapat dimanfaatkan, apa boleh daya sekarang ini kondisinya sangat memprihatinkan. Tak hanya sumber air terdekat namun sungai – sungai juga tercemar dengan begitu banyaknya limbah domestik dan limbah industri yang pembuangannya tidak memperhitungkan akan kelestarian lingkungan akibatnya air disekitar kita menjadi tercemar. Dari hal ini kita bisa tahu kesadaran masyarakat Indonesia terhadap lingkungan tempat tinggal masih begitu rendah dan pemerintah sepertinya perlu mengupayakan program – program khusus untuk menumbuhkan kesadaran penduduk atas pentingnya sanitasi dan menjaga sumber air bersih di lingkungan mereka.
Masalah Sanitasi dan Kebutuhan Air Bersih
Masalah yang dihadapi negeri berlimpah air ini sangat kronis, bayangkan saja dari sekitar dua ratus jutaan penduduk Indonesia, baru 20% saja yang dapat memiliki akses terhadap air bersih. Ini pun kebanyakan dari daerah perkotaaan. Sedangkan sisanya, 80% rakyat Indonesia masih mengkonsumsi air yang tak layak untuk kesehatan mereka.
Masalah Sanitasi dan Kebutuhan Air Bersih
Dibuktikan pula melalui hasil penelitian dari Jim Woodcock, seorang konsultan masalah air dan sanitasi dari bank dunia. Diketahui dari 100.000 bayi di Indonesia yang meninggal setiap tahunnya disebabkan oleh diare, penyakit yang paling mematikan nomor dua setelah infeksi saluran pernapasan akut. Penyebab utamanya dikarenakan buruknya akses terhadap air bersih serta sanitasi.

Upaya mengatasi masalah sanitasi dan pencukupan kebutuhan air bersih

Seperti yang sudah terjadi penyebab utama dari polemik sanitasi dan kebutuhan air bersih yang kurang memadai sebagian besar di sebabkan oleh faktor manusia dan pemerintah yang kurang mengalokasikan cukup dana untuk menangani masalah ini.
Untuk masyarakat khususnya kita sendiri , ada beberapa standar yang harus kita penuhi dalam mengatasi masalah sanitasi dan pencukupan kebutuhan air bersih diantaranya :

Pengelolaan Limbah Padat

Pengumpulan dan Pembuangan Limbah Padat
Masyarakat harus memiliki lingkungan yang cukup bebas dari pencemaran akibat limbah padat, termasuk limbah medis.
1. Sampah rumah tangga dibuang dari pemukiman atau dikubur di sana sebelum sempat menimbulkan ancaman bagi kesehatan.
2. Tidak terdapat limbah medis yang tercemar atau berbahaya (jarum suntik bekas pakai, perban–perban kotor, obat–obatan kadaluarsa,dsb) di daerah pemukiman atau tempat–tempat umum.
3. Dalam batas–batas lokasi setiap pusat pelayanan kesehatan, terdapat tempat pembakaran limbah padat yang dirancang, dibangun, dan dioperasikan secara benar dan aman, dengan lubang abu yang dalam.
4. Terdapat lubang–lubang sampah, keranjang/tong sampah, atau tempat–tempat khusus untukmembuang sampah di pasar–pasar dan pejagalan, dengan system pengumpulan sampah secara harian.
5. Tempat pembuangan akhir untuk sampah padat berada dilokasi tertentu sedemikian rupa sehingga problema–problema kesehatan dan lingkungan hidup dapat terhindarkan.
6. 2 (dua) drum sampah untuk 80 – 100 orang
Tempat/Lubang Sampah Padat
Masyarakat memiliki cara – cara untuk membuang limbah rumah tangga sehari–hari secara nyaman dan efektif.
Tolok ukur kunci :
1. Tidak ada satupun rumah/barak yang letaknya lebih dari 15 meter dari sebuah bak sampah atau lubang sampah keluarga, atau lebih dari 100 meter jaraknya dar lubang sampah umum.
2. Tersedia satu wadah sampah berkapasitas 100 liter per 10 keluarga bila limbah rumah tangga sehari–hari tidak dikubur ditempat.

Pengelolaan Limbah Cair

Sistem pengeringan
Masyarakat memiliki lingkungan hidup sehari–hari yang cukup bebas dari risiko pengikisan tanah dan genangan air, termasuk air hujan, air luapan dari sumber–sumber, limbah cair rumah tangga, dan limbah cair dari prasarana–prasarana medis. Hal–hal berikut dapat dipakai sebagai ukuran untuk melihat keberhasilan pengelolaan limbah cair :
1. Tidak terdapat air yang menggenang disekitar titik–titik pengambilan /s umber air untuk keperluan sehari–hari, didalam maupun di sekitar tempat pemukiman
2. Air hujan dan luapan air/banjir langsung mengalir malalui saluran pembuangan air.
3. Tempat tinggal, jalan – jalan setapak, serta prasana – prasana pengadaan air dan sanitasi tidak tergenang air, juga tidak terkikis oleh air. (Sumber: Kepmenkes No. 1357 /Menkes/SK/XII/2001)
Info lebih lanjut dapat anda baca dari sumbernya langsung di situs Sanitasi Indonesia

Semoga kita dapat segera meningkatkan pengelolaan sanitasi sehingga akses air bersih dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di negeri ini.
Terima kasih telah membaca artikel Masalah Sanitasi dan Kebutuhan Air Bersih
Bagi anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, Cikarang, Tangerang dan sekitar dapat menghubungi kami bila anda membutuhkan layanan jasa sedot air kotor , sedot wc, sedot WC mampet, sedot limbah industri, sedot STP, pembuatan septic tank dan resapan. Kami siap melayani anda…
Salam,

Jasa Utama

Contact Person

Telp. 021-9311-8787 / 021-9466-8989
SMS : 081-618-399-92 / 085-277-968-688
Email : jasa.utama87@gmail.com

GD Star Rating
loading...
Masalah Sanitasi dan Kebutuhan Air Bersih | Jasa Sedot WC, 5.0 out of 5 based on 30 ratings

Related posts:

  1. Dampak Pencemaran Air Bersih dari Limbah Domestik dan Industri | Jasa Sedot WC
  2. Polemik Banjir di Wilayah Jakarta Ibukota Negara Indonesia | Jasa Sedot WC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>